KUNJUNGAN OMBUDSMAN RI PERWAKILAN SULAWESI TENGGARA DALAM RANGKA PENILAIAN KEPATUHAN PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK TAHUN 2024

 

Ombudsman Lakukan Penilaian Kepatuhan Pelayanan Publik di Dinsos Tahun 2024

 

Kunjungan Tim Ombudsman tersebut dimaksudkan untuk melakukan penilaian kepatuhan penyelenggaraan pelayanan publik. Penilaian ini merupakan bagian dari pengawasan yang bertujuan memastikan apakah pelayanan yang diselenggarakan oleh Dinas Sosial Kab. Buton Utara telah sesuai dengan standar pelayanan yang ditetapkan.

Dalam kesempatan ini, Kepala Dinas Sosial Baaziri, S.Pd., M.Si menyampaikan bahwa penilaian ini sangat penting dalam upaya Dinas Sosial untuk terus meningkatkan kualitas pelayanannya.




Dinas Sosial mengahrapkan kali ini mendapatkan peningkatan nilai dan masuk kategori Hijau.

" Kami telah 2 kali menjadi lokus penilaian pelayanan oleh ombudsman, di Tahun 2022 kami mendapat nilai 73,52, dan Tahun 2023 naik 1,6 poin menjadi 75,12, semoga Tahun ini Dinas Sosial bisa mendapatkan peningkatan nilai dan masuk ke Hijau, Kategori B," kata Baaziri.



Kepala Dinas Sosial, Baaziri, S.Pd., M.Si
 Dinas Sosial juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tim Ombudsman RI atas   kedatangannya tersebut yang akan berdampak pada peningkatan kualitas pelayanan di Dinas Sosial Kab. Buton Utara 

"Penilaian ini mendorong kami mendapat kesempatan untuk memperbaiki dan meningkatkan layanan kami, sehingga dapat lebih baik dalam memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya layanan Dinas Sosial" kata Baaziri lanjutnya, Senin (9/9/2024)

 

 




Dokumentasi Proses Observasi Ketampakan oleh Ombudsman RI


Dokumentasi Petugas Layanan dalam memberikan Pelayanan ke Masyarakat

 Penilaian yang dilakukan oleh Ombudsman RI mencakup empat dimensi utama, yaitu: dimensi input, dimensi proses, dimensi output, dan dimensi pengaduan. Dimensi input dan proses dinilai melalui tingkat pemahaman penyelenggara layanan terhadap kedua dimensi tersebut.

Selain itu, penilaian juga dilakukan melalui pembuktian dokumen pendukung, observasi ketampakan fisik (tangible), wawancara dengan masyarakat, serta wawancara dengan penyelenggara layanan.

Melalui penilaian ini diharapkan Dinas Sosial Kab. Buton Utara dapat terus meningkatkan kinerja dan kualitas layanan publik yang diberikan, serta semakin mampu memenuhi harapan masyarakat dalam pelayanan terkait Layanan Sosial.

  •  Editor : Rolly Iswanto
  • Fotografer : Rahman

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

WARISAN DINSOS BUTUR SEBAGAI INOVASI UNGGULAN LAYANAN